Senin, 06 Agustus 2012

Buka Puasa bersama Kelurga, Ada Lomba Islami Rayakan Proklamasi.

Menengok Suasana Ramadan di Rutan Tanah Grogot.

KALTIM POST 06/08/2012, Suasan berbeda terlihat di Rumah Tahanan (Rutan) Tanah Grogot, Jl Kusuma Bangsa Km 4,  Jumat (3/8) akhir pekan lalu. Suasana sepi yang kerap terjadi usai jam besuk, kini tidak terlihat. Suasana tetap ramai meski jam kunjungan sudah lewat sekitar 2 jam.
SORE itu, seratusan  orang berkumpul di ruang tengah Rutan.  Suasana terlihat akrab antara keluarga dan penghuninya. Yang membedakan hanya kaus biru bertulis  “Warga Binaan Rutan Tanah Grogot” yang tercetak dengan huruf tegas, sementara yang lainnya menggunakan pakaian biasa.
Di depan mereka, nampak beberapa kudapan khas puasa, mulai kolak pisang, buah segar, air mineral  dan beberapa kotak makanan berat yang siap untuk disantap. Kali ini, warga binaan mendapatkan momen langka bisa berbuka puasa bersama anggota keluarga.
Kepala Rutan Tanah Grogot Budi Prajitno mengatakan, momen ini digelar khusus sebagai momen kebersamaan antara warga binaan dan keluarganya agar silaturahmi selalu terjaga. Kegiatan ini juga memiliki makna ganda, petugas juga bisa berkumpul saat berbuka puasa sehingga suasana kebersamaan semakin terasa.
“Kegiatan buka bersama ini sudah kami rencakan sejak jauh hari. Berbagai respons positif dari keluarga penghuni Rutan maupun dari petugas menjadikan momen ini bisa terlaksana,” kata Budi.
“Kami ingin memberikan kesempatan bagi warga binaan untuk berkumpul dengan keluarganya saat berbuka puasa. Semoga bisa mengurangi rasa rindu saat makan bersama dengan keluarga dan kerabat saat Ramadan,” tambah mantan Kasi Pembinaan dan Kegiatan Kerja Lapas Tenggarong itu pada harian ini.
Meski  pihaknya sedikit melonggarkan waktu jam besuk, kata dia, pengamanan masih menjadi prioritas. Segala macam benda yang di larang masuk ke Rutan diamankan petugas. Seperti ponsel, dan benda berbahaya lain.
Setelah menunggu sekitar sejam dengan bercengkrama, azan magrib berkumandang. Santapan berbuka langsung diserbu. Cukup nikmat terlihat, beberapa penghuni nampak begitu lahap menyantap makanan tersedia. Selain buka bersama, kegiatan lain yang nampak “baru” adalah salat berjamaah dan tartil Quran.
Selama Ramadan rutinitas sehari-hari Rutan Tanah Grogot mengalami penyesuaian. Selain  salat dan tadarus, jam makan juga bergeser menyesuaikan jam buka puasa dan sahur. “Kita sesuaikan agendanya, karena 90 persen warga binaan adalah muslim,” beber Budi.
Selain mengalami berbagai pergeseran rutinitas, bulan puasa yang bertepatan dengan HUT RI juga dijadikan moment tepat untuk menggelar perlombaan. Perlombaan yang bernapaskan Islam digelar. Di antaranya lomba azan, baca Alquran, dan hafalan surat pendek. “Bagi warga binaan kami memilih lomba yang tak menguras fisik dan bisa bermanfaat bagi saudara kita yang berpuasa,”

Sambutan Kepala Rutan

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah Nya, s...