Kamis, 09 Agustus 2012

Kita Punya ATM, Bang Napi Punya AIM...


INFO_PAS, 8 Agustus 2012. Warga Binaan di Rutan Barabai Kalimantan Selatan kini punya  AIM (Anjungan Informasi Mandiri), yaitu sarana informasi berupa penyediaan sistem self service information.  Hanya dengan menempelkan jarinya ke alat finger scan, akan muncul di layar monitor AIM informasi tentang data identitas WBP (tanggal bebas, Tahapan pembinaan, Remisi, dll) serta dapat diakses langsung oleh WBP beserta keluarga. Layaknya ATM kalau di Bank, maka AIM di Rutan Barabai ini juga ditempatkan diruang kunjungan dengan pertimbangan agar dapat dengan mudah diakses langsung oleh WBP bersama keluarga pada saat berkunjung.
“Rutan Barabai tidak ingin kalah dengan Lapas dan Rutan di Pulau jawa yang telah lebih dulu melaksanakan layanan informasi seperti ini”, ungkap Julianto Kepala Rutan Barabai.
Kepala Rutan Barabai menyadari bahwa perkembangan teknologi informas,i seiring dengan berlakunya UU Keterbukaan Informasi Publik, masyarakat menuntut informasi yang serba cepat, tepat dan akurat,   termasuk pemberian informasi kepada warga binaan Pemasyarakatan dan keluarganya. Berangkat dari hal tersebut Rutan Barabai mencoba memberikan pelayanan informasi dan data terbaik terhadap warga binaan dan keluarganya untuk mengetahui keberadaannya selama menjalani hukuman di Rutan ini. Kini, wargabinaan secara mandiri dapat memperoleh informasi kapan tanggal bebas, tahapan pembinaan dan remisi yang diterima.
Kepada Info_PAS Julianto mengutarakan bahwa sarana ini sudah dirintis Rutan Barabai sejak awal Pebruari 2012. Di awali penyiapan SDM, sarana prasarana yang dibutuhkan maupun penerapan aplikasinya. Dengan memaksimalkan sarana-prasarana dan anggaran yang ada serta dukungan sumber daya manusia yang dimiliki Rutan Barabai, kami membangun AIM untuk memberikan pelayanan informasi secara prima kepada warga binaan dan keluarganya.
“Kami sangat berterima kasih dengan support yang tiada habis-habisnya dari Tim SDP (Sistem Database Pemasyarakatan) pusat yaitu Direktorat Infokom Ditjen Pemasyarakatan sehingga dapat mewujudkan pelayanan yang prima khususnya dalam penyampaian data informasi di Rutan Barabai,” ujar Karutan Julianto.
Saat ini keberadaan AIM di Rutan Barabai baru tahap uji coba dan baru akan di lounching pada upacara pemberian remisi 17 agustus nanti. Namun adanya AIM sudah mendapat sambutan yang positif dari Warga Binaan Rutan Barabai. Ahmad Rizali salah satu warga binaan yang tersandung kasus pembunuhan dengan hukuman 6 tahun, sangat senang dengan keberadaan AIM ini.
“Biasanya kami takut untuk bertanya ke petugas, tapi sekarang kami tidak sulit lagi untuk mengetahui kapan kami bebas, dan berapa banyak remisi yang kami dapat” demikian ungkapnya.           
Julianto berharap adanya  sarana AIM  di Rutan Barabai dapat memberikan layanan yang terbaik (prima) kepada WBP khususnya dan keluarga WBP serta masyarakat pada umumnya. Selain itu, Julianto bertekad akan meningkatkan  pelayanan-pelayanan lainnya  untuk memenuhi kepuasan masyarakat dalam memperoleh kepastian hukum.
“Semua itu  dilaksanakan tanpa dipungut biaya” pungkas Julianto menutup pembicaraan dengan Info_PAS. (YS)

Sambutan Kepala Rutan

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah Nya, s...