Minggu, 13 Januari 2013

Apel Siaga Pencanangan "Pemasyarakatan Getting To Zero Halinar (Hp, Pungli, Narkoba) dan HIV/AIDS"


Mengawali 2013, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan kembali mencanangkan program  Pemasyarakatan Getting to Zero Halinar (HP, pungli, narkoba) dan HIV/AIDS di seluruh lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan se-Indonesia. Pencanangan program ini, ditandai dengan apel pagi yang digelar serentak,  termasuk di Rumah Tahanan (Rutan) Tanah Grogot, Jumat (11/1) kemarin.

Bertindak sebagai pembina apel, Kepala Rutan Tanah Grogot Budi Prajitno membacakan amanat Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sihabudin BC Ip, SH MH di depan puluhan jajarannya.

Dalam sambutannya, dikatakan bahwa saat ini pemasyarakatan telah menjadi wilayah bebas korupsi, dan tengah menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani. “Tidak perlu berkecil hati dengan sorotan berbagai pihak terkait pemberitaan yang seolah-olah menempatkan Lembaga Pemasyarakatan pada pojok sempit yang terkadang menggoncang sendi organisasi,” kata Budi Prajitno.
 
 

Dibeberkan, meski selama 2012 mendapat sorotan tajam, berbagai prestasi juga diraih. Di antaranya pengungkapan jaringan narkoba internasional dengan bekerja sama Badan Narkotikan Nasional (BNN) di sejumlah lapas dan rutan di Indonesia.

“Pemasyarakatan telah berkoordinasi dengan Ombudsman untuk mengatasi praktek pungutan liar (pungli) di lapas maupun rutan. Sementara untuk penanggulangan HIV/AIDS, selama empat tahun program berjalan, sudah ada sebanyak 149 lapas maupun rutan yang memberi layanan HIV/AIDS, kemudian layanan voluntery counceling and testing (VTC) lebih dari 50 UPT, serta layanan komprehensif lebih dari 59 lapas maupun rutan,” tandasnya.
 
 
 
Selain itu dalam rangka mengawali program pelaksanaan tugas Pemasyarakatan tahun 2013 Direktorat Jenderal Pemasyarakatan juga memerintahkan untuk melaksanakan Do'a/Dzikir bersama jajaran Pemasyarakatan untuk keberhasilan pelaksanaan program Pemasyaraktan tahun 2013.

Dalam pelaksanaan Do'a/Dzikir bersama itu, dihadiri juga oleh seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Tanah Grogot.
 


Sambutan Kepala Rutan

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah Nya, s...