Jumat, 05 Oktober 2012

Lapas Model Tingkatkan Akses Layanan Kesehatan


INFO_PAS. National Technical Officer HIV Cooperation Program  for Indonesia (HCPI), Alia Hartati mengemukakan bahwa Lapas model merupakan strategi baru dalam proses pembelajaran penanganan narapidana terkait HIV/AIDS dan penyalahgunaan narkotika secara komprehensif.
“Sebelas Lapas model telah ditetapkan Ditjen PAS untuk meningkatkan akses layanan kesehatan,” ujar  Alia ketika memberikan materi dihadapan 68  Kalapas/Karutan dan Tim AIDS, di Arion Swiss Belhotel, Bandung .
Dikatakannya Lapas model tersebut akan menjadi pusat pembelajaran bagi unit pelaksana teknis Pemasyarakatan disekitarnya, agar dapat menjalankan program HIV-AIDS dan penyalahgunaan narkotika secara komprehensif dan berkesinambungan. Layanan kesehatan komprehensif meliputi, KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi), layanan dasar, layanan HIV, IMS (Infeksi Menular Seksual), PTRM (Program Terapi Rumatan Metadon) dan Kesehatan Jiwa.
“Saat ini kita sedang susun finalisasi pedoman bagaimana Lapas model dijalankan,” ujarnya.
Alumni Fakultas Kedokteran Tri Sakti ini berharap Lapas model ini akan muncul Lapas model-Lapas model lain dalam upaya peningkatan kesehatan di Lapas/Rutan.
Adapun Lapas yang ditunjuk sebagai Lapas model adalah:
-          Lapas Narkotika Cipinang , DKI Jakarta
-          Lapas Narkotika Banceuy , Bandung, Jawa Barat
-          Lapas Pemuda Tangerang, Banten
-          Lapas Narkotika Yogjakarta , DI Yogyakarta
-          Lapas Klas I Gedung Pane,  Semarang Jawa Tengah
-          Lapas Klas I Madiun, Jawa Timur
-          Lapas Kerobokan, Denpasar Bali
-          Lapas Narkotika Sungguminasa, Sulawesi Selatan
-          Lapas Samarinda, Kalimantan Timur
-          Lapas Batam, Kepulauan Riau
-          Lapas Klas 1 Medan, Sumatera Utara.
Di akhir penyampaian materinya, Alia Hartati berharap Lapas model ini ada ditiap propinsi dan Lapas model yang telah ditunjuk dapat berbagi pengalaman ke Lapas lain. (AH)

Sambutan Kepala Rutan

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah Nya, s...